Keunggulan Kitab 'Umdah Al-Ahkam dan Biografi Penulisnya (Syaikh 'Abdul-Ghaniyy Al-Maqdisiyy) | UD. Elrasheed Publisher | 082140888638
Penulis ‘Umdah Al-Ahkam adalah murid langsung Imam Ibnu Al-Jauziyy dan Imam Abu Thahir As-Silafiyy, pernah pula berguru kepada Imam ‘Abdul-Qadir Al-Jilaniyy namun tidak dalam waktu yang lama karena sang guru wafat. Imam ‘Abdul-Ghaniyy Al-Maqdisiyy merupakan sibth (sepupu dari anak laki-laki bibinya) yang bernama ‘Abdullah bin Ahmad bin Qudamah yang masyhur dengan panggilan Imam Ibnu Qudamah Al-Maqdisiyy, penulis Al-Mughni yang tersohor itu, yang berjudul Muwaffaquddin.
Imam Ibnu Katsir melaporkan,
قَالَ السِّبْطُ : وَكَانَ وَرِعًا زَاهِدًا عَابِدًا ، يُصَلِّي كُلَّ يَوْمٍ ثَلَاثَمِائَةِ رَكْعَةٍ ، كَوِرْدِ الْإِمَامِ أَحْمَدَ ، وَيَقُومُ اللَّيْلَ ، وَيَصُومُ عَامَّةَ السَّنَةِ ، وَكَانَ كَرِيمًا جَوَادًا لَا يَدَّخِرُ شَيْئًا ، وَيَتَصَدَّقُ عَلَى الْأَرَامِلِ وَالْأَيْتَامِ حَيْثُ لَا يَرَاهُ أَحَدٌ وَكَانَ يُرَقِّعُ ثَوْبَهُ ، وَيُؤْثِرُ بِثَمَنِ الْجَدِيدِ ، وَكَانَ قَدْ ضَعُفَ بَصَرُهُ مِنْ كَثْرَةِ الْمُطَالَعَةِ وَالْبُكَاءِ ، وَكَانَ أَوْحَدَ زَمَانِهِ فِي عِلْمِ الْحَدِيثِ وَالْحِفْظِ .
Sibth (sepupu) yakni Ibnu Al-Jauziyy memujinya dengan menyatakan, ʿAbdul-Ghanyy merupakan seorang yang waraʿ, zuhud, serta tekun dalam ibadah. Beliau mendirikan 300 rakaat shalat setiap siang hari sebagaimana ini menjadi wiridnya Imam Ahmad, menghidupkan malam dengan qiyamul-lail, serta berpuasa hampir sepanjang tahun. Beliau juga seorang yang pemurah dan dermawan, tidak menyimpan harta untuk dirinya, bahkan sering bershadaqah kepada para janda dan anak yatim secara sembunyi tanpa diketahui siapapun. Beliau lebih memilih untuk menampal pakaiannya dan mendermakan harta yang sepatutnya digunakan untuk membeli pakaian baharu kepada mereka yang lebih memerlukan. Disebabkan banyak membaca dan menangis, penglihatannya menjadi lemah. Beliau juga dikenal sebagai ulama hadits terulung pada zamannya, dengan penguasaan yang luar biasa dalam ilmu hadits dan hafalannya yang sangat kuat. [Al-Bidayah wa An-Nihayah, 14/490]
Kitab ‘Umdah Al-Ahkam sudah dihafal Syaikhul-Islam Zakariyya Al-Anshariyy sejak usia sangat belia. Syarah ‘Umdah Al-Ahkam yang terfavorit adalah karya Imam Ibnu Daqiq Al-’Id dan Imam Ibnu Marzuq At-Tilmisaniyy. Sayyid Aḥmad Khairīyy menginformasikan kepada Az-Zirkilīyy bahwa karya Syaikh ‘Abdul-Ghanī Al-Maqdisiyy mencapai 223 karya, baik yang besar maupun yang kecil. Salah satu yang menghenyakkan para afiliator Syaikh Muhammad bin ‘Abdul-Wahhab adalah karya tulis beliau berjudul Ash-Shulh baina Al-Ikhwan fi Hukm Ibahah Ad-Dukhan dan Risalah fi Hukm Syath-h Al-Waliyy. Diantara ibarah (statemen) yang mungkin mengejutkan, dalam risalah tersebut, beliau menghukumi bolehnya syathahat, asalkan,
فهذا القائل الكلام المذكور إن صدق في نفسه وركب هذه الأطباق طبقا عن طبق فقد صدق، وهو … … موحد بالتوحيد، وهو وارث محمدي.
Apabila orang yang mengatakan perkataan di atas itu jujur pada dirinya sendiri dan mengikuti tahapan-tahapan pemahaman ini, satu demi satu, maka dia (dua kata hilang) seorang yang mengesakan Allah dengan tauhid yang sesungguhnya (penekanan penulis), dan dia adalah pewaris Muhammad.
Pusara Imam ‘Abdul-Ghaniyy ada di pemakaman Al-Qarafah, Kairo, Mesir. Ada catatan sejarah unik tentang beliau sebagai salah satu punggawa madzhab Hanabilah,
روى الحافظ الضياء المقدسي في كتابه "الحكايات المنثورة" (ص3834) أن الحافظ عبد الغني المقدسي الحنبلي أصيب بدُمَّل أعياه علاجُه، فمسح به قبر الإمام أحمد بن حنبل رضي الله عنه تبركًا فبرئ. وقال الراهوني في حاشيته على شرح الزرقاني لمختصر خليل: ما زال الناس يتبركون بقبور العلماء [الصلحاء] أي [العاملين بعلمهم] والشهداء والصالحين.
Al-Hafizh Adh-Dhiya` Al-Maqdisiy meriwayatkan dalam kitabnya Al-Hikayat Al-Manṯsurah (halaman 3834) bahwa Al-Hafizh ‘Abdul-Ghaniyy Al-Maqdisiyy Al-Hanbaliyy pernah tertimpa bisul yang tidak mampu disembuhkan dengan pengobatan apa pun, lalu ia mengusap bisul itu dengan kubur Imam Ahmad bin Hanbal untuk tabarruk (mengharap keberkahan Allah), maka ia pun sembuh. Dan Ar-Rahawaniyy berkata dalam Hasyiyah-nya atas Syarh Az-Zarqaniyy terhadap Mukhtashar Khalil, “Manusia senantiasa bertabarruk dengan kubur para ulama [yang shalih], yakni [yang mengamalkan ilmunya], serta dengan kubur para syuhada dan orang-orang shalih.”
Imam ‘Abdul-Ghaniyy dan Imam Ibnu Qudamah adalah saudara sepupu. Keduanya bestie. Imam ‘Abdul-Ghaniyy fokus ‘ulumul-hadits sementara Imam Ibnu Qudamah fokus ‘ulumul-fiqh. Mujiruddin Al-’Ulaimiyy mengatakan, Al-Muwaffaq mengatakan, “Aku dan Al-Hafizh ‘Abdul-Ghaniyy mengenakan khirqah dari tangan Syaikhul-Islam ‘Abdul-Qadir (Al-Jilaniyy). Kami berdua sibuk belajar fiqih kepadanya, mendengarkan pengajian darinya dan mengambil manfaat dari shuhbah (kebersamaan) dengannya. Kami hanya bisa menikmati shuhbah dengannya selama 50 (lipa puluh) malam saja dari kehidupannya (karena kemudian beliau wafat).” [Al-Manhaj Al-Ahmad 2/191]




Post a Comment