Header Ads

Tiga Riwayat Susunan Asmaul Husna Selain dari Imam At-Tirmidziyy yang Disetujui Imam Asy-Syaukaniyy


Imam Asy-Syaukaniyy dalam Fat-h Al-Qadir mengutip tiga riwayat Asmaul Husna selain riwayat 99 yang populer yang diriwayatkan Imam At-Tirmidziy, dan ada kesan Imam Asy-Syaukaniyy menerima ketiga riwayat ini tanpa mempermasalahkannya karena justru dijadikan hujjah tafsir. Semestinya kaum muslimin yang fanatik terhadap Imam Asy-Syaukaniyy meneladani dan mengikuti, bukan malah menganggap Imam Asy-Syaukaniyy keliru. Faktanya tidak sedikit ulama yang menerima ketiga riwayat ini, yang mana mereka hidup lebih dulu daripada Syaikh Muhammad bin ‘Abdil-Wahhab (MBAW). Imam Asy-Syaukaniyy dan Syaikh MBAW hidup satu zaman, demikian pula Imam Ash-Shan’aniyy. Berikut tiga riwayat Asmaul Husna selain riwayat Imam At-Tirmidziyy yang diterima Imam Asy-Syaukaniyy dan dijadikan dalil.


"Dan Ibnu Abid-Dunya dan Ath-Thabaraniyy keduanya meriwayatkan dalam kitab Ad-Du‘ā`, juga Abu Asy-Syaikh, Al-Hakim, Ibnu Mardawaih, Abu Nu‘aim, dan Al-Baihaqiyy, dari Abu Hurairah, "Sesungguhnya Allah memiliki sembilan puluh sembilan nama. Siapa yang menghitungnya (menghafal, memahami, dan mengamalkan), maka ia masuk Surga." (Yakni) "Aku memohon kepada Allah, Ar-Rahman (Yang Maha Pengasih), Ar-Rahim (Yang Maha Penyayang), Al-Ilah (Tuhan), Ar-Rabb (Penguasa/Tuhan), Al-Malik (Maharaja), Al-Quddus (Yang Maha Suci), As-Salam (Yang Maha Sejahtera), Al-Mu’min (Yang Maha Memberi Keamanan), Al-Muhaimin (Yang Maha Memelihara), Al-‘Aziz (Yang Maha Perkasa), Al-Jabbar (Yang Maha Memaksa), Al-Mutakabbir (Yang Maha Megah), Al-Khaliq (Yang Maha Pencipta), Al-Bari` (Yang Maha Mengadakan), Al-Mushawwir (Yang Maha Membentuk), Al-Halim (Yang Maha Penyantun), Al-‘Alim (Yang Maha Mengetahui), As-Sami’ (Yang Maha Mendengar), Al-Bashir (Yang Maha Melihat), Al-Hayy (Yang Maha Hidup), Al-Qayyum (Yang Maha Berdiri Sendiri), Al-Wasi’ (Yang Maha Luas), Al-Lathif (Yang Maha Lembut), Al-Khabir (Yang Maha Mengetahui Secara Mendalam), Al-Hannan (Yang Maha Pengasih), Al-Mannan (Yang Maha Pemberi Karunia), Al-Badi’ (Yang Maha Pencipta Tanpa Contoh), Al-Ghafur (Yang Maha Pengampun), Al-Wadud (Yang Maha Pengasih), Asy-Syakur (Yang Maha Mensyukuri), Al-Majid (Yang Maha Mulia), Al-Mubdi` (Yang Maha Memulai), Al-Mu’id (Yang Maha Mengembalikan), An-Nur (Yang Maha Cahaya), Al-Bari` (Yang Maha Mengadakan), dan dalam satu riwayat lafazh: Al-Qā`im (Yang Maha Berdiri) (yang benar Al-Qa`im karena Al-Bari` sudah disebutkan sebelumnya), Al-Awwal (Yang Maha Awal), Al-Akhir (Yang Maha Akhir), Azh-Zhahir (Yang Maha Nyata), Al-Bathin (Yang Maha Tersembunyi), Al-‘Afuww (Yang Maha Pemaaf), Al-Ghaffar (Yang Maha Pengampun), Al-Wahhab (Yang Maha Pemberi), Al-Fard (Yang Maha Tunggal), dan dalam satu riwayat lafazh: Al-Qadir (Yang Maha Kuasa), Al-Ahad (Yang Maha Esa), Ash-Shamad (Yang Maha Dibutuhkan), Al-Wakil (Yang Maha Mewakili), Al-Kafi (Yang Maha Mencukupi), Al-Baqi (Yang Mahakekal), Al-Mughits (Yang Maha Penolong), Ad-Da`im (Yang Maha Abadi), Al-Muta’al (Yang Maha Meninggi), Dzū Al-Jalali wa Al-Ikram (Pemilik Keagungan dan Kemuliaan), Al-Maula (Pelindung), Al-Bashir (sebelumnya sudah disebutkan Al-Bashir, dalam riwayat lain An-Nashir yang artinya Yang Maha Penolong), Al-Haqq (Yang Maha Benar), Al-Matin (Yang Maha Kokoh), Al-Warits (Yang Maha Mewarisi), Al-Munir (Yang Maha Menerangi), Al-Ba’its (Yang Maha Membangkitkan), Al-Qadir (Yang Maha Kuasa), dan dalam satu riwayat lafazh: Al-Mujib (Yang Maha Mengabulkan) (yang benar Al-Mujib karena Al-Qadir sudah disebutkan sebelumnya), Al-Muhyi (Yang Maha Menghidupkan), Al-Mumit (Yang Maha Mematikan), Al-Hamid (Yang Maha Terpuji), dan dalam satu riwayat lafazh: Al-Jamil (Yang Maha Indah), Ash-Shadiq (Yang Maha Jujur), Al-Hafizh (Yang Maha Menjaga), Al-Muhith (Yang Maha Meliputi), Al-Kabir (Yang Maha Besar), Al-Qarib (Yang Maha Dekat), Ar-Raqib (Yang Maha Mengawasi), Al-Fattah (Yang Maha Pembuka), At-Tawwab (Yang Maha Penerima Taubat), Al-Qadim (Yang Maha Dahulu), Al-Witr (Yang Maha Tunggal), Al-Fathir (Yang Maha Pencipta), Ar-Razzaq (Yang Maha Pemberi Rizqi), Al-‘Allam (Yang Maha Mengetahui), Al-‘Aliyy (Yang Maha Tinggi), Al-‘Azhim (Yang Maha Agung), Al-Ghaniyy (Yang Maha Kaya), Al-Malik (sebelumnya sudah disebutkan Al-Malik sama persis, dalam riwayat lain Al-Malik dengan huruf ya` sukun antara lam dan kaf, artinya Maha Menguasai) Al-Muqtadir (Yang Maha Berkuasa), Al-Akram (Yang Maha Mulia), Ar-Ra`uf (Yang Maha Pengasih), Al-Mudabbir (Yang Maha Mengatur), Al-Malik (pengulangan), Al-Qahir (Yang Maha Mengalahkan), Al-Hadi (Yang Maha Memberi Petunjuk), Asy-Syakir (Yang Maha Mensyukuri), Al-Karim (Yang Maha Mulia), Ar-Rafi’ (Yang Maha Meninggikan), Asy-Syahid (Yang Maha Menyaksikan), Al-Wahid (Yang Maha Esa), Dzū Ath-Thaul (Yang Maha Memiliki Karunia Luas), Dzū Al-Ma’arij (Yang Maha Memiliki Tempat-tempat Naik), Dzū Al-Fadhl (Yang Maha Pemilik Keutamaan), Al-Khallāq (Yang Maha Pencipta), Al-Kafil (Yang Maha Menanggung), Al-Jalil (Yang Maha Agung)."


Berikut ini riwayat kedua yang diambil Imam Asy-Syaukaniyy sebagai hujjah, dalam Tafsir Fat-h Al-Qadir karya beliau, "Dan Abu Nu’aim meriwayatkan dari Muhammad bin Ja‘far, ia berkata, Aku bertanya kepada ayahku, Ja‘far Ash-Shadiq bin Muhammad Al-Baqir bin ‘Aliyy bin Al-Husain bin ‘Aliyy bin Abi Thalib, tentang nama-nama Allah yang sembilan puluh sembilan, yang siapa saja menghitungnya akan masuk Surga. Maka beliau berkata, Itu semua ada di dalam Al-Qur'an. Dalam surat Al-Fatihah terdapat lima nama: Ya Allah (Allah), Ya Rabb (Tuhan), Ya Rahman (Yang Maha Pengasih), Ya Rahim (Yang Maha Penyayang), Ya Malik (Raja/Pemilik Hari Pembalasan). Dalam Al-Baqarah ada tiga puluh tiga nama: Ya Muhith (Yang Maha Meliputi), Ya Qadir (Yang Maha Kuasa), Ya ‘Alim (Yang Maha Mengetahui), Ya Hakim (Yang Maha Bijaksana), Ya ‘Aliyy (Yang Maha Tinggi), Ya ‘Azhim (Yang Maha Agung), Ya Tawwab (Yang Maha Penerima Taubat), Ya Bashir (Yang Maha Melihat), Ya Waliyy (Yang Maha Melindungi), Ya Wasi’ (Yang Maha Luas), Ya Kafi (Yang Maha Mencukupi), Ya Ra’uf (Yang Maha Lembut), Ya Badi’ (Yang Maha Pencipta yang Tiada Bandingnya), Ya Syakir (Yang Maha Mensyukuri), Ya Wahid (Yang Maha Esa), Ya Sami’ (Yang Maha Mendengar), Ya Qabidh (Yang Maha Menyempitkan rizqi), Ya Hayy (Yang Maha Hidup), Ya Qayyum (Yang Maha Berdiri Sendiri), Ya Ghaniyy (Yang Mahakaya), Ya Hamid (Yang Maha Terpuji), Ya Ghafur (Yang Maha Pengampun), Ya Halim (Yang Maha Penyantun), Ya Ilah (Tuhan), Ya Qarib (Yang Maha Dekat), Ya Mujib (Yang Maha Mengabulkan doa), Ya ‘Aziz (Yang Maha Perkasa), Ya Nashir (Yang Maha Penolong), Ya Qawiyy (Yang Maha Kuat), Ya Syadid (Yang Maha Dahsyat), Ya Sari’ (Yang Maha Cepat menghitung dan membalas), Ya Khabir (Yang Maha Mengetahui secara mendalam). Dalam Ali ‘Imran: Ya Wahhab (Yang Maha Pemberi), Ya Qa`im (Yang Maha Menegakkan segala urusan), Ya Shadiq (Yang Maha Benar), Ya Ba’its (Yang Maha Membangkitkan), Ya Mun’im (Yang Maha Memberi nikmat), Ya Mutafadhdhil (Yang Maha Pemberi karunia lebih). Dalam An-Nisa’: Ya Raqib (Yang Maha Mengawasi), Ya Hasib (Yang Maha Menghitung), Ya Syahid (Yang Maha Menyaksikan), Ya Muqit (Yang Maha Memelihara), Ya Wakil (Yang Maha Menjadi Pelindung), Ya ‘Aliyy (Yang Maha Tinggi), Ya Kabir (Yang Maha Besar). Dalam Al-An’am: Ya Fathir (Yang Maha Pencipta), Ya Qahir (Yang Maha Mengalahkan), Ya Lathif (Yang Maha Lembut), Ya Burhan (Yang Maha Membuktikan kebenaran-Nya). Dalam Al-A’raf: Ya Muhyi (Yang Maha Menghidupkan), Ya Mumit (Yang Maha Mematikan). Dalam Al-Anfal: Ya Ni’ma Al-Maula (Sebagus-bagus Pelindung), Ya Ni‘ma An-Nashir (Sebaik-baik Penolong). Dalam Hud: Ya Hafizh (Yang Maha Menjaga), Ya Majid (Yang Maha Mulia), Ya Wadud (Yang Maha Mencintai), Ya Fa‘al lima turid (Yang Maha Melakukan apa yang Dia kehendaki). Dalam Ar-Ra’d: Ya Kabir (Yang Maha Besar), Ya Muta’al (Yang Maha Tinggi secara mutlak). Dalam Ibrahim: Ya Mannan (Yang Maha Memberi dengan karunia besar), Ya Warits (Yang Maha Mewarisi segala sesuatu). Dalam Al-Hijr: Ya Khallaq (Yang Maha Pencipta yang tak henti-henti). Dalam Maryam: Ya Fard (Yang Maha Tunggal). Dalam Thaha: Ya Ghaffar (Yang Maha Pengampun). Dalam surat Al-Mu`minun: Ya Karim (Yang Maha Mulia). Dalam An-Nur: Ya Haqq (Yang Maha Benar), Ya Mubin (Yang Maha Jelas). Dalam Al-Furqan: Ya Hadi (Yang Maha Memberi petunjuk). Dalam Saba`: Ya Fattah (Yang Maha Pembuka). Dalam Az-Zumar: Ya ‘Alim (Yang Maha Mengetahui). Dalam Ghafir: Ya Qabil At-Taub (Yang Maha Menerima taubat), Ya Dza Ath-Thaul (Yang Maha Pemilik karunia yang luas), Ya Rafi’ (Yang Maha Meninggikan derajat). Dalam Adz-Dzariyat: Ya Razzaq (Yang Maha Pemberi rizqi), Ya Dza Al-Quwwah (Yang Maha Memiliki kekuatan), Ya Matin (Yang Maha Kokoh). Dalam Ath-Thur: Ya Barr (Yang Maha Dermawan). Dalam Al-Qamar: Ya Muqtadir (Yang Maha Berkuasa sepenuhnya), Ya Malik (Yang Maha Memerintah). Dalam Ar-Rahman: Ya Dza Al-Jalali wa Al-Ikram (Yang Maha Memiliki Keagungan dan Kemuliaan), Ya Rabb Al-Masyriqain (Tuhan dua tempat terbit matahari), Ya Rabb Al-Maghribain (Tuhan dua tempat terbenam matahari), Ya Baqi (Yang Maha Kekal), Ya Mu’in (Yang Maha Menolong). Dalam Al-Hadid: Ya Awwal (Yang Maha Awal), Ya Akhir (Yang Maha Akhir), Ya Zhahir (Yang Maha Nyata), Ya Batin (Yang Maha Tersembunyi). Dalam Al-Hasyr: Ya Malik (Yang Maha Merajai), Ya Quddus (Yang Maha Suci), Ya Salam (Yang Maha Sejahtera), Ya Mu`min (Yang Maha Memberi keamanan), Ya Muhaimin (Yang Maha Memelihara), Ya ‘Aziz (Yang Maha Perkasa), Ya Jabbar (Yang Maha Memaksa dengan kasih), Ya Mutakabbir (Yang Maha Megah), Ya Khaliq (Yang Maha Pencipta), Ya Bari’ (Yang Maha Mengadakan), Ya Mushawwir (Yang Maha Membentuk rupa). Dalam Al-Buruj: Ya Mubdi’ (Yang Maha Memulai penciptaan), Ya Mu’id (Yang Maha Mengembalikan ciptaan). Dalam Al-Fajr: Ya Witr (Yang Maha Tunggal). Dalam Al-Ikhlas: Ya Ahad (Yang Maha Esa), Ya Shamad (Yang Maha Dibutuhkan oleh segala sesuatu dan tidak bergantung pada apa pun)."


Berdasarkan penelitian Imam Ja’far Ash-Shadiq, tidak semua surah dalam Al-Qur`an mengandung Asmaul Husna, hanya: Al-Fatihah, Al-Baqarah, Ali ‘Imran, An-Nisa`, Al-An’am, Al-A’raf, Al-Anfal, Hud, Ar-Ra’d, Ibrahim, Al-Hijr, Maryam, Al-Mu`minun, Al-Furqan, Saba`, Ghafir, Adz-Dzariyat, Ath-Thur, Al-Qamar, Ar-Rahman, Al-Hadid, Al-Hasyr, Al-Buruj, Al-Fajr, dan Al-Ikhlash. Jadi dari 114 surah, hanya 25 surah saja yang memuat Asmaul Husna, menurut penelitian Imam Ja’far Ash-Shadiq. Imam Ja’far Ash-Shadiq termasuk generasi Salaf, ajaran beliau sama dengan ajaran para shahabat, tabi’in dan atba’ tabi’in. Meninggalkan ajaran Salaf berarti menolak ajaran Nabi Muhammad, karena generasi Salaf ber-Islam sesuai Islamnya Nabi Muhammad. Penelitian Imam Ja’far tentang Asmaul Husna jelas lebih bagus karena beliau lebih Salaf daripada seluruh ulama pengikut Ibnu Taimiyyah apalagi Syaikh Muhammad bin ‘Abdil-Wahhab. Ini catatan dari kami (Brilly El-Rasheed).


Selanjutnya, Imam Asy-Syaukaniyy juga mengutip satu riwayat lain terkait Asmaul Husna, "Dan Al-Baihaqiyy meriwayatkan, dari ‘Aisyah bahwa ia berkata, “Wahai Rasulullah, ajarilah aku nama Allah yang apabila Dia dipanggil dengannya, Dia akan menjawab (doa).” Maka beliau bersabda kepadanya, “Berdirilah, lalu berwudhulah, kemudian masuklah ke masjid, lalu shalatlah dua rakaat, kemudian berdoalah agar aku bisa mendengarnya.” Maka ‘Aisyah pun melakukannya. Ketika ia telah duduk untuk berdoa, Nabi ﷺ berkata, “Ya Allah, beri dia taufiq.” Maka ‘Aisyah pun berdoa (dari kreasinya sendiri), “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan seluruh nama-nama-Mu yang indah, semuanya, baik yang kami ketahui di antaranya maupun yang tidak kami ketahui. Dan aku memohon kepada-Mu dengan nama-Mu yang agung, paling agung, besar, paling besar, yang jika ada orang berdoa kepada-Mu dengannya, Engkau kabulkan, dan jika ada orang meminta kepada-Mu dengannya, Engkau beri.” Maka Nabi bersabda, “Engkau telah menemukannya! Engkau telah menemukannya!”."


Melihat ketiga riwayat ini tentu pembaca dapat menganalisis, mana-mana Asmaul Husna yang belum pernah diketahui sebelumnya sehingga menjadi tambahan ilmu baru. Tulis di kolom komentar ya! Bagi yang penasaran dengan teks Arab asli ketiga riwayat tersebut, silakan rujuk Kitab Tafsir Fat-h Al-Qadir secara langsung. Bila belum mahir membaca teks Arab klasik, jangan coba-coba belagak sebagai ahli hadits!


Asmaul Husna Universe merupakan lembaga pusat pendidikan, pelatihan, penelitian, dan pengembangan [pusdiklatlitbang] Asmaul Husna. Asmaul Husna Universe berkantor di Jl. Hayam Wuruk no. 1, RT. 03 RW. 05, Sukodadi, Lamongan, Jawa Timur, 62253. Untuk kerjasama bisa melalui 082140888638 atau asmaulhusnauniverse@gmail.com. Harga all varian buku saku lipat harmonika Asmaul Husna @Rp 3.000,- [disc. up to 50 %]. Dukung pendirian Asmaul Husna World, sebuah permanent exhibition media pembelajaran dan artefak Asmaul Husna gratis.


Oleh Ust. H. Brilly El-Rasheed, S.Pd., M.Pd., C.Ed. [Founder Asmaul Husna Universe]

 


1 komentar:

  1. Alhamdulillah, dapat ilmu baru, ternyata ada susunan/urutan Asmaul Husna yang berbeda yang ternyata dari Nabi dan generasi Salaf.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.